Nasehat Akhir Tahun 1430 H ..........!, 29 December 2008

Sabtu, 10 Januari 2009 ·

Apa Yang Kamu Tinggalkan di Tahun Kemarin....?

Oleh : Ummu Abdurrahman Bintu Muhammad "Arafat
Dinukil dari Majalah as Sunnah

Wahai sekalian manusia bertaqwalah kepada Allah, dan perhatikanlah pergantian siang dan malam. karena pada hakekatnya, itu merupakan perjalanan yang sedang engkau tempuh menujuh akhirat. setiap ada hari yang berlalu, itu berarti engkau semakin jauh dari duniamu dan semakin dekat ke akhiratmu.

maka berbahagialah orang yang bisa mengisi eaktunya dengan sesuatu yang bisa mendekatkan dirinya dengan Alllah Subhanahu wata'alah. berbahagialah orang yang menyibukan dirinya dengan ketaatan dan menghidari dari kemaksiatan. berbahagialah orang yang bisa mengambil pelajaran dari perbuatan berbagai masalah dan kondisi. berbahagialah orang yang menyakini adanya hikma-hikmah Allah yang agung dan rahasia-rahaasia-Nya (yang Dia ketahui), dengan melihat kepada perubahan berbagai hal dan kondisi.

Firman Allah :

سُوۡرَةُ النُّور
يُقَلِّبُ ٱللَّهُ ٱلَّيۡلَ وَٱلنَّهَارَ‌ۚ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَعِبۡرَةً۬ لِّأُوْلِى ٱلۡأَبۡصَـٰرِ (٤٤)

Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan. (Surah An Nuur 24:44)



Wahai sekalian manusia, sebentar lagi kamu akan berpisa dengan tahun yang lalu, yang akan menjadi saksi bagi kamu. dan kamu akan menyambut tahun yang akan datang, tahun yang baru,
maka apakah yang telah kamu titipkan di tahun ini.? dan dengan apa kamu akan menyambut tahun yang akan datang?

Maka seseorang yang berakal hendaklah menginstropeksi dirinya, dan melihat urusannya. jika sekirahnya dia telah meninggalkan sesuatu kewajiban, maka segeralah bertaubat dan segeralah untuk memperbaiki apa yang di tinggalkannya. dan jika dia telah mendhalimi dirinya sendiri dengan melakukan kemaksiatan-kemaksiatan dan hal-hal yang haram, hendaklah dia bergegasmeninggalkannya sebelum kematia datang menjemput.

Dan jika dia termasuk orang yang diberi keistiqomahan oleh Allah, hendaklah dia bersyukur kepada Allah dan hendaklah dia memohon agar tetap istiqomah sampai akhit hidupnya. (Dari Kitab Dhiya'ul Lami' Minal Khutabil Jawami' I/313-314 secara Bebas, Karya Asy Syaik Muhammad Ibnu Utsaimin Rahimahullah)

Dalam hitungan hari, sebentar lagi kita akan menyambangi aawal bulan tahun hijriah, bulan itu ialah bulan Allah al- Muharam. sebagai upaya untuk menghidupkan sunnah Rasulullah sallalahu alaihi waa sallam dan upaya untuk memperoleh pahala serta kebaikan bagi orang yang mengajak kepada petunjuk agama.

Sebagai mana tercantum dala kitab shahih Muslim nabi bersabda
"Siapa yang mengajak kepada sesuatu petunjuk maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengikutinya dan tidaklah mengurangi sedikitpun dari pahala mereka (HR Muslim)
Pemuda sejati, demi Allah
ialah yang memiliki ilmu dan ketaqwaan.

Tidaklah dikatakan pemuda sejati
kalau tidak memiliki keduanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Syukron fii ri'aayatillah

Sponsorship

Waktu

Titip Pesan

Risalah Muslimah

Abu Nashir as Salafy

Feeds Sunnah

Kumpulan Situs Sunnah

RSS Web Ilmiah